Abbi Umar

Icon

Abbi Umar Jobs, Projects, and Notes

Mengapa Alasan dan Tujuan Anda Ngeblog Penting?

Mengapa Anda Ngeblog?

Berbekal memahami istilah-istilah dalam ngeblog, kita sudah bisa mulai membuat blog. Meskipun tanpa memahami istilah tersebut anda tetap sudah bisa memulai membuat blog. Namun menentukan alasan dan tujuan ngeblog adalah yang paling penting yang harus dilakukan para blogger pemula.

Bila anda salah satu yang lupa atau tidak tahu mengenai alasan dan tujuan anda ngeblog, jangan khawatir, bukan hanya para blogger pemula seperti kita yang mengalaminya. Saya yakin sebagian besar blogger termasuk yang sudah ahli, pernah melakukannya.

Alasan Ngeblog

Alasan ngeblog tentunya kita sudah tetapkan sebelumnya, namun terkadang kita lupa pada alasan tersebut dan akhirnya nyasar di belantara “blogesphere” karena perhatian kita terpecah oleh bermacam penawaran, perubahan tujuan, bergulirnya waktu, dll. Oleh karena itu, alasan kita ngeblog, perlu kita catat dalam hati dan pikiran, bahkan bila perlu kita tuliskan di awal tulisan blog kita di bagian “about me” (Tentang saya). Alasan ini tidak harus spesifik, namun setidaknya kita tahu kenapa kita ngeblog. Karena alasan ini juga sangat berhubungan dengan bagaimana merumuskan apa tujuan anda ngeblog.
Contohnya: Alasan saya membuat blog adalah karena saya mendapat informasi bahwa blog bisa menghasilkan uang. (Red. Ini salah satu alasan penulis membuat blog ini).
Contoh lainnya, alasan saya ngeblog:

  • Karena mendapat tugas dari dosen/guru/bos saya. (Ini terpaksa namanya)
  • Karena saya memang suka menulis. (Ini hobi namanya)
  • Karena sedang jatuh cinta, patah hati, bahagia, sedih, dll. (Ini blogger musiman namanya)
  • Karena penting menceritakan hidup saya dan perjalanan cinta saya (Ini narsis namanya)
  • Karena saya tidak punyak kerjaan. (Ini pengangguran namanya)

Tujuan Ngeblog

Alasan ngeblog tersebut penting untuk menetapkan tujuan kita ngeblog. Yang mana tujuan ini harus kita rumuskan, pertimbangkan, dan tentukan dengan baik. Pertama, tentukan tujuan utama kita lebih dulu baru tentukan tujuan spesifik kita. Untuk membantu anda merumuskan tujuan, saya akan berikan beberapa contoh.
Contohnya tujuan utama saya membuat blog adalah:

  • Ingin belajar menulis. (Red: Ini untuk anak SD kali, tapi ini salah satu tujuan saya)
  • Untuk mencari penghasilan di Internet dengan ngeblog, (Red: ini matrealistis namanya , tapi ini salah satu tujuan utama penulis blog ini)
  • Berbagi informasi pada orang lain yang mempunyai hobi/tujuan/minat yang sama. (Red: Ini juga salah satu tujuan utama dibuatnya blog ini)
  • Membuat kisah perjalanan cinta saya dengan istri saya. (Red: Ini untuk suami romantis, bukan tujuan dibuatnya blog ini). Tujuan ini malah menginspirasi seorang teman blogger untuk membuat kontes SEO Aristia Wida Rukmi yang sedang diadakan pada saat tulisan ini dibuat.
  • Ingin mengekspresikan dan menceritakan semua hobi saya dari bermain bola hingga fotografi (Red: Ini untuk olahragawan maupun tukang jepret)
  • Ingin berbagi informasi mengenai tips kesehatan dan ilmu yang saya ketahui (Red: Ini untuk dokter dan dukun)
  • Ingin menjual barang/jasa (Red: Ini pedagang/wirausahawan sejati)
  • Ingin membuat diri saya terkenal. (Ini selebritis narsis namanya)

Perjelas dan Perinci Tujuan Kita Ngeblog

Sudah ketemu tujuan utama anda ngeblog dari contoh diatas? Jika belum, sebaiknya jangan ngeblog. Jika iya, catat di pikiran dan hati anda juga, dan bila perlu di bagian “about me” tentangku dihalaman blog anda. Jika iya, kita sudah bisa membayangkan tujuan spesifik kita:

  • Hal tersebut berupa Niche dan topik blog kita.
  • Tipe blog kita apakah pribadi atau umum atau bisnis.
  • Apa yang ingin kita ingin capai dengan blog kita? Apakah hanya sekedar jurnal dari hobi kita; memperkuat profil atau keahlian kita; atau memasarkan produk kita.
  • Siapa pembaca yang jadi sasaran kita? Kalangan profesional, sahabat, komunitas, pembeli, dll.
  • Siapa saja penulis di blog kita, apakah kita sendiri, teman/sahabat, “outsourcing”, atau hanya copas (copy-paste).
  • Dari mana kita mengharapkan traffic pengunjung ke blog anda. Dari hasil pertukaran link, dari search engine, atau dari pembaca setia?

Semua alasan dan tujuan kita membuat blog ini akan mempengaruhi langkah kita selanjutnya, misalnya dalam hal pemilihan nama domain, pemilihan hosting, pemilihan niche blog kita, penentuan topik tulisan kita, bagaimana gaya penulisan blog kita, seberapa panjang tulisan rata-rata yang akan kita tampilkan, apakah berupa percakapan, berita, humor, serius atau yang ringan-ringan, dll. Dan pastinya akan menentukan keberlangsungan blog kita berupa jumlah pengunjung, berapa lama blog kita bertahan, populartas blog, dll yang akan kita bahasa pada tulisan-tulisan selanjutnya.

Bloggerpemula.info @ Cara dan Pentingnya menetapkan alasan dan tujuan membuat blog

Filed under: TIPS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: