Abbi Umar

Icon

Abbi Umar Jobs, Projects, and Notes

Gempa Padang Sumatera Barat dan Rahasia Di Baliknya

peta lokasi gempa sumbar

peta lokasi gempa sumbar

Gempa kembali terjadi di Padang Sumatera Barat. Email dari seorang sahabat yang bersumber dari milis menarik perhatian untuk dijadikan pelajaran ada rahasia apa di balik Gempa di Sumatera Barat. Berikut isi emailnya dengan sedikit tambahan.

Bencana mestinya bisa membuat kita mawas diri, terutama kita sebagai orang yang beriman. Terlepas dari apakah ini azab atau ujian dari Allah SWT, yang jelas Allah sedang menurunkan tanda-tanda kebesarannya, kalau kita mau memikirkan dan mau “melihatnya”.

Gempa di SumBar kemarin dan hari ini sangat menarik.

Saya menerima sms dari adik yang isinya sbb:

Coba kita perhatikan waktu gempa utama yang terjadi kemarin, jam 17.16 WIB. Sekarang, coba kita simak Quran Surat 17 (Al Isra) ayat 16

“Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menta’at iAllah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.”

Kemudian gempa susulan terjadi pukul 17.38. Kita buka Quran Surat 17 (Al Isra) ayat 38:

“Semua itu kejahatannya amat dibenci di sisi Tuhanmu.”

Saya jadi tergelitik….

Gempa susulan lagi yang terjadi tadi pagi di Kerinci (perbatasan Sumatra Barat-Jambi), kejadiannya pada pukul 8.52. Dengan bergetar…saya coba buka Quran Surat 8 (Al Anfal) Ayat 52:

“(keadaan mereka) serupa dengan keadaan Fir’aun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka disebabkan dosa-dosanya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi amat keras siksaan-Nya.”

Subhaanallaah….merinding kita dibuatnya. Bangsa ini sedang diingatkan terus-menerus oleh Allah SWT….tapi tampaknya kita….sekali lagi…. kita semua tidak mau belajar dan memperbaiki kehidupan bangsa ini yang terus-menerus berbuat kerusakan dan kezaliman….

Semoga ini bisa membuat kita kembali kepada diri kita masing2 dan kembali kepada jalan Tuhan, Allah Azza wa Jalla…. berbuat lurus dalam pekerjaan dan kehidupan kita masing2 dan meninggalkan hal-hal yang buruk (bathil) dalam kehidupan nyata keseharian….

Salaam JG90

Yah ini bisa peringatan atau juga hukuman. Yang pasti, gempa di padang ini terjadi di tengah pelantikan anggota DPR/DPD yang glamour dan meriah dengan menghabiskan dana tidak kurang dari Rp. 46 milyar.

Filed under: Berita, , , , ,

8 Responses

  1. rafiq says:

    Assalamualaikum wr.wb.

    Gempa adalah peringatan bagi bangsa yang gemar menghancurkan rumah2 suci (masjid2 & gereja) tempat nama Tuhan disucikan..

    Cobalah perhatikan..P. Bali sangat jarang ditimpa gempa dibandingkan P. Sumatra, P.Jawa, dan NTT/NTB…karena masyarakat di P.Bali sangat menghargai toleransi dan kesucian rumah ibadah, meskipun berbeda keyakinan ataupun minoritas.

    Wallahua’lam…

    Wassalamualaikum wr.wb.

  2. Iklan Gratis says:

    Subhanallah…
    bencana alam terus menerus menerpa negara kita…
    belum pulih keadaan trauma yang melanda warga Jawa Barat,
    sekarang sudah timbul lagi bencana alam yang sama….

    sungguh negara kita sedang mengalami cobaan dari sang pencipta…
    semoga para korban diberi kesabaran serta kekuatan, amin…
    semoga para korban tewas yang tertimbun reruntuhan gedung, dapat segera dievakuasi.

    semoga kejadian ini semkain mendekatkan kita kepada sang pencipta.
    bahwa segala yang ada dialam ini adalah miliknya…

    semoga saja peristiwa ini semakin menguatkan rasa persaudaraan kita…
    agar kita mw meringankan tangan serta menyisihkan sebagian rejeki kita untuk mereka.
    Iklan Gratis

  3. Kang Zen says:

    Subhanallah..tidak ada yang kebetulan…

    Silakan juga artikel kami “Fenomena Bencana Alam: di http://cahaya-semesta.com/?pg=articles&article=9265

    Salam Berbenah

  4. farida says:

    Astaughfirullah…Ya…Allah ampunilah hambumu ini ya Allah…dengan segala bencana yang ada…benar-benar di Al-Qur’an sudah dijelaskan tapi saya tidak mau mendengar…Ya…Allah mudah-mudahan bencana ini jadi sebagai rahmat bagi hambamu ini Ya…Allah…

  5. mame says:

    mungkin ketika manusia terlalu memuja kemaksiatan,tuhan sudah tidak peduli lagi dengan bangsa tersebut dan membiarkan penyakit kotor,keserakahan dan egosentris yang membuat mereka saling menyakiti,ketika ALLAH sangat mencintai hamba-NYA dia memberika musibah dan meningkatkan derajat mereka dan menempatkan syahid sebagai kematiannya

  6. andri vista medina says:

    Terus-terang hati saya menjadi sakit, kalau ada orang yang sedang ditimpa musibah, terus malahan disalahin: “Rasain kamu sudah kena bala Allah, Azab Allah, sekarang, kamu banyak buat dosa sebelumnya”. Coba bayangkan, kalau daerah anda terkena musibah, eh bukannya orang lain malah menolong, malah menyalahkan anda. Apa tidak sakit hati,

    Kalau belum kena diri sendiri, memang mudah teriak sana-siniiii…….

    Betul-betul keterlaluan. Dalam suasana orang-orang sibuk menyelamatkan korban gempa di Padang, ada umat Islam yang sibuk mencari ayat sebagai dalil bagi peristiwa tersebut. Dalam suasana orang-orang berduyun-duyun menyedekahkan hartanya untuk membantu korban, ada umat Islam yang segera mencari ayat untuk membenarkan peristiwa tersebut.

    Seandainya suatu musibah terjadi pada zaman para sahabat ra, mereka akan menahan diri untuk membuat berbagai macam komentar sehingga menanyakan sendiri kepada Rasulullah saw: “Kenapa ia terjadi?” Rasulullullah sendiri tidak akan memberi jawaban sehingga memperoleh wahyu dari Allah SWT. Ini karena sekalipun kita beriman bahwa setiap yang terjadi adalah dengan kehendak Allah, menjadi suatu kesalahan yang besar apabila kita membuat asumsi sendiri kenapa Allah melakukannya.

    Mungkin memang ada azab atau peringatan, tapi kita tidak pernah tahu. Apalagi sampai dikaitkan dengan nomor-nomor surat al-Quran untuk menjustifikasikan gempa itu adalah azab Allah
    Seenaknya saja mentafsirkan al-Quran supaya sesuai dengan pendapat sendiri…..GOBLOOoooK !!

    Sebagai umat Islam seharusnya kita bersyukur karena tidak ditimpa bencana tersebut. Salah satu cara adalah dengan membantu sebisa mungkin orang-orang yang tertimpa musibah tersebut….

    Wassalamualaikum
    Andri Vista Medina

    • Abbi Umar says:

      Mas Andri,
      Mungkin salah menerjemahkan makna email kiriman teman di atas.
      Maksud email tersebut untuk memperingatkan kita yg tidak atau kurang peduli dengan kondisi sekitar.
      Termasuk pesta pora wakil rakyat kita saat musibah gempa sedang terjadi.
      Apa yg terjadi pada saudara-saudara kita merupakan musibah bagi kita semua, apa pun rahasia di balik itu adalah rahasia-Nya. Yg penting kita lakukan adalah melakukan perbaikan untuk saat ini dan yg akan datang dgn menjadikan masa lalu sbg pelajaran. Bukannya meratapi yg telah terjadi…
      Saat ini yg bisa kita lakukan membantu sebisa kita untuk korban gempa, dan saat akan datang memperbaiki diri masing-masing…
      Terima kasih sudah berkomentar di sini…
      Abbi Umar

  7. Syayid says:

    Apa lagi yang ingin dicapai oleh para pejabat selain tebalnya kantong mereka dan hidup bergengsi?

    Sudahlah, rakyat tidak akan menghina kok, para pejabat negara yang miskin karena kejujurannya, malah akan dipuji, dan Allah SWT Maha Melihat..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: